Skrining Frambusia Di MIMA 02 Babakan

Skrining Frambusia Di MIMA 02 Babakan

Puskesmas Karanglewas pada tanggal 19 Januari 2023 telah melakukan Screening Frambusia, untuk yang masih belum tahu apa itu penyakit frambusia, penyakit ini  adalah penyakit kulit yang menular, menahun dan kambuhan. Penyebab penyakit ini adalah bakteri Treponema perteu. Penyakit ini dapat tumbuh dan berkembang biak di daerah yang tropis, panas dan hujan. Faktor penting yang mempengaruhi perkembangbiakan penyakit ini adalah faktor kebersihan lingkungan. Selain itu penyebab lain seseorang terkena penyakit frambusia antara lain faktor usia (biasanya umur <15 tahun), lingkungan kotor, pola hidup tidak sehat, kurang menjaga kesehatan tubuh, dan  kontak langsung dengan penderita frambusia. Gejala awal apabila seseorang terkena penyakit ini adalah munculnya benjolan kulit yang tidak sakit dengan permukaan basah tanpa nanah, gejala ini bisa hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas. Sedangkan gejala lanjut dari penyakit ini dapat mengenai telapak tangan, telapak kaki, sendi dan tulang sehingga dapat menyebabkan kecacatan.

Untuk mencegah penyakit frambusia Tim Puskesmas Karanglewas telah melakukan Screening Frambusia kepada siswa-siswa di MIMA 02 Babakan kecamatan Karanglewas. Siswa- siswa yang mempunyai gejala seperti penyakit frambusia di ambil sampel darahnya dan dilakukan pemeriksaan.

Diakhir kegiatan tim berpesan kepada seluruh siswa-siswi dan guru agar lebih aktif lagi untuk melakukan pencegahan penyakit frambusia ini dengan cara:

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun atau air mengalir terutama saat hendak makan
  2. Mandi rutin dengan air dan sabun
  3. Menjaga kebersihan lingkungan

Related Posts

Komentar